Jangan Lakukan Ini Agar Lolos Interview Kerja

May 25, 2019
Saturday, May 25, 2019

Kesuksesan dalam interview kerja adalah faktor yang paling menentukan anda diterima kerja atau tidak. Itulah yang membuat interview menjadi hal yang paling menakutkan bagi semua orang. Setiap tindakan, ucapan, dan penampilan anda akan dinilai oleh interviewer, oleh karena itu anda harus mengetahui apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat interview kerja.

Berikut ini hal-hal yang tidak boleh dilakukan saat interview kerja:

Terlihat Tidak Tertarik
Berhati-hatilah dengan pesan yang tersampaikan dari bahsa tubuh atau ucapan anda. Berikan perhatian, duduk tegak, dan secara aktif berpartisipasi dalam pecakapan. Berikan jawaban yang bermakna dan bertanyalah jika perlu.

Berpakaian Tidak Tepat
Pewawancara akan menilai anda berdasarkan penampilan.Tidak perlu memakai berang-barang mahal, tetapi pilihlah dengan bijak pakaian atau apapun yang anda kenakan karena itu akan mencerminkan kepribadian anda. Baca juga aturan berpakaian untuk wanita dalam lingkungan kerja.

Berbicara Negatif Tentang Perusahaan Sebelumnya
Daripada hanya berbicara buruk, cobalah untuk berpikir positif. Tidak perlu berbohong, berusahalah jujur dan menghargai kesempatan yang diberikan oleh perusahaan anda sebelumnya.

Menggunakan Handphone
Menjawab telepon atau mengirim dan menerima pesan singkat saat interview menunjukkan ada hakl yang lebih penting. Lebih baik matikan handphone anda saat interview.

Memberikan Jawaban yang Membingungkan
Tidak ada yang menunjukkan kurangnya konsentrasi anda, selain menjawab pertanyaan dengan salah atau tidak lengkap. Tetaplah fokus dan lakukan riset sebelum wawancara. Baca juga pentingnya melakukan riset sebelum interview kerja.

Terlalu Banyak atau Kurang Berbicara
Salah satu tujuan interview, yaitu menemukan kandidat yang sesuai dengan kualifikasi mereka. Ingtlah hal ini, aktiflah dalam berdiskusi, tetapi jangan berlebihan.

Menunjukkan Bahasa Tubuh yang Buruk
Sepertinya ini hal yang sepele, namun lupa tersenyum, postur yang buruk, duduk atau berjabat tangan dengan lemas menunjukkan percaya diri yang kurang atau ada sesuatu yang anda sembunyikan.

Memberikan Informasi Palsu
Tentu saja ini hal yang tidak bisa diterima. Meskipun tidak langsung ketahuan, anda beresiko membahayakan diri dimasa depan. Resikonya tidak hanya dipecat, tetapi bisa juga menjadi tuntutan hukum bagi anda.

Tidak Memberikan Contoh yang Khusus
Hanya dengan berkata bahwa anda menguasai suatu kemampuan tidaklah cukup. Anda harus meyakinkan pewawancara dengan memberikan contoh yang khusus dan dapat dibuktikan kebenarannya.

Gagal Melakukan Follow Up
Jangan hanya meninggalkan interview dan berharap ada yang menghubungi untuk lengkah selanjutnya. Anda harus lebih aktif untuk mencari informasi secara berkala untuk meng update informasi terbaru.

Thanks for reading Jangan Lakukan Ini Agar Lolos Interview Kerja | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 komentar on Jangan Lakukan Ini Agar Lolos Interview Kerja

Post a Comment