Kesalalahan - Kesalahan Dalam Menjawab Pertanyaan "Ceritakan Tentang Diri Anda"

June 15, 2019
Saturday, June 15, 2019

Seperti yang sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya bahwa pertanyaan "Ceritakan tentang diri anda" merupakan pertanyaan yang wajib muncul dalam setiap wawancara. Oleh karena itu, anda harus menjawab pertanyaan tersebut dengan baik dan benar sehingga pewawancara puas dengan jawaban anda.

Ada beberapa hal yang membuat cerita anda datar diantaranya:

Pembukaan terlalu panjang

Jangan terlalu panjang dalam menjelaskan latar belakang anda. Jawablah sesingkat mungkin namun jelas dan tegas.

Keunikan yang kurang spesifik

Misalnya, anda tertarik pada keuangan karena orang tua anda pengusaha atau karena profesor anda semester kemarin sangat menyenangkan.

Buatlah lebih spesifik, sebutkan nama perusahan, kesepakatan atau investasi yang anda lakukan, dan jelaskan apa yang anda pelajari

Terlalu banyak transisi dan plot

Misalnya, pertama anda ingin membuka usaha sendiri, kemudian sekolah hukum, setelah magang anda beralih kedalam dunia bisnis, lalu menjadi sales. Hal seperti itu akan membuat pewawancara kehilangan minatnya setelah mendengar cerita anda.

Kurangilah loncatan karier anda, dua kali perubahan saja sudah cukup.

Perubahan yang tidak logis atau tidak ada perubahan

Misalnya anda bekerja untuk lembaga nirlaba, kemudian ke firma management aset, lalu menjadi peneliti ekuitas, dan sekarang anda ingin menjajal perbankan. Pewawancara tidak mengerti bagaimana satu pengalaman bisa menuju pekerjaan lainnya.

Solusinya adalah, selalu menjelaskan mengapa anda pindah kerja. Sebutkan 1 hal yang  anda sukai dan 1 hal yang ingin diubah, lalu jelaskan bagaimana peran anda selanjutnya membawa anda ke tujuan yang benar.

Terlalu banyak rasa negatif

Anda bekerja diperusahaan keuangan, tetapi pekerjaannya sangat membosankan dan diulang-ulang. Oleh karena itu anda ingin variasi. Apa yang timbul di benak pewawancara, jika nanti anda meninggalkan perusahaan ini?

Fokuslah pada apa yang anda nikmati dari setiap posisi dan bingkai perubahan anda dengan tujuan untuk pengembangan diri dan menyadari tujuan jangka panjang.

Visi tidak terlihat

Anda berada disini karena anda bekerja dibidang teknologi, manajemen, anggaran, dan keuangan perusahaan. Anda ingin memiliki semua kemampuan seorang bankir atau sekedar kurangnya visi yang tepat.

Selalu katakan tujuan masa depan anda untuk menjelaskan langkah-langkah yang anda ambil. Jangan memberikan penjelasan yang terlalu umum jika berkaitan dengan tujuan jangka panjang anda,

Thanks for reading Kesalalahan - Kesalahan Dalam Menjawab Pertanyaan "Ceritakan Tentang Diri Anda" | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 komentar on Kesalalahan - Kesalahan Dalam Menjawab Pertanyaan "Ceritakan Tentang Diri Anda"

Post a Comment