Pertanyaan Yang Sering Diajukan Saat Interview Kerja Dan Cara Menjawabnya

June 27, 2019
Thursday, June 27, 2019

  • Apa yang membuat anda cocok untuk pekerjaan ini?
Ini adalah pertanyaan yang seidkit menjebak. Anda tentu tidak ingin terlihat menyombongkan diri, tetapi disaat yang sama anda harus menunjukkan kualitas yang lebuh dari kandidat lainnya.

Untuk menjawabnya, jangan fokus pada IPK atau dari sekola mana anda lulus. Namun fokuslah pada kemampuan atau prestasi khusu dalam pekerjaan yang akan membuat anda lebih menonjol daripada kandidat yang lain. Jangan lupa untuk mengaitkan jawaban anda dengan jobdesc yang ada pada pekerjaan yang anda lamar saat itu.
  • Mengapa anda keluar atau akan keluar dari pekerjaan sebelumnya?
Jangan pernah menjelek-jelekkan perusahaan atau atasan yang sebelumnya. Itu akan membuat anda tampak tidak profesional dan mungkin akan menyebabkan anda didiskualifikasi dari pekerjaan yang sedang anda lamar.

Jika anda meninggalkan pekerjaan karena tidak suka dengan bos anda. Anda cukup menjawab bahwa ada beberapa hal yang tidak sejalan antara anda dan atasan terdahulu. Pastikan anda memberikan contoh yang khusus. Contohnya jawaban lain yang lebih aman, yaitu kurangnya ruang untuk mengembangkan diri dan kemampuan secara profesional.

Jangan pernah menjawab bahwa atasan sebelumnya tidak menggaji anda dengan layak. Itu akan membuat pewawancara berpikir bahwa anda berada disini hanya karena uang.
  • Bagaimana anada mendeskripsikan diri anda sendiri?
Ini juga jenis pertanyaan yang membuat dilema. Anda harus menjual diri, tetapi tidak boleh terdengar angkuh. Untuk menjawabnya, pikirkan tigas sifta terbaik anda dan jelaskan dengan contoh spesifik.

Jika anda berpikir kejujuran merupakan salah satu sifat anda, maka anda harus menggambarkan situasi ekstrim dalam hidup anda (khususnya yang berkaitan dengan pekerjaan) yang mengharuskan anda jujur. Meski kejujuran itu harus dibayar mahal, misalnya dengan membahayakan diri anda sendiri.
  • Apa kelemahan terbesar anda?
Jangan memberikan jawaban klise seperti "saya pekerja yang terlalu keras" atau "saya tidak bisa meninggalkan tugas yang belum terselesaikan". Anda harus jujur dengan kelemahan anda, tetapi tunjukkan juga upaya anda untuk memperbaikinya.

Misalnya, anda mengatakan tidak bisa berbicara didepan umum. Namun anda berusaha mengatasinya dengan mengikuti kegiatan sukarelawan yang mengharuskan anda banyak berbicara di depan umum. Anda juga mengikuti kelas public speaking. Perekrut menyukai kandidat yang penuh inisiatif dalam memperbaiki dirinya.  
  • Apa kelebihan anda?
Ini biasanya pertanyaan yang sepaket dengan pertanyaan sebelumnya. Berikan jawaban tentang sifat terbaik anda dan berikan contoh bagaimana kelebihan ini membabntu anda dalam mencapai target pekerjaan. Contohnya jika anda seorang akuntan pajak, maka katakan "sangat detail dan teliti" bisa anda sebutkan sebagai kelebihan anda.
  • Apa pencapaian terbesar anda selama ini?
Jangan menjawab prestasi selama masa sekolah. Anda boleh menyebutkan prestasi di universitas jika anda baru lulus. Namun, jika anda sudah bertahun-tahun bekerja, jawaban anda harus prestasi yang dicapai dalam dunia kerja, seperti:
  1. Pertama kali mencapai target penjualan perusahaan atau menjuarai kompetisi yang berkaitan dengan pekerjaan
  2. Menjalankan sistem yang menyelamatkan atau menambah pendapatan perusahaan
  3. Penghargaan yang diberikan pemimpin perusahaan atau asosiasi industri
  4. Merombak strategi atau sistem yang kuno.
Ingatlah, prestasi bukan berarti harus ada penghargaan yang diberikan. Prestasi bisa merupakan pencapaian yang perku diingat.
  • Bagaimana anda mengukur kesuksesan?
Ukuran kesuksesan tentu berbeda-beda setiap orang. Karena itu tidak ada jawaban yang benar atau salah. Namun, pastikan untuk menyebutkan apa kesuksesan profesional dan pribadi anda. Berikut ini bisa anada pertimbangkan untuk menjadikannya sebagai salah satu jawaban.
  1. Secara profesional, suskes artinya saya bekerja dengan orang yang bersemangat dengan pekerjaannya dan senang datang bekerja setiap harinya. Secara pribadi, sukses artinya saya bisa memenuhi kebutuhan keluarga dengan gaya hidup yang nyaman sehingga mereka tidak perlu khawatir soal uang.
  2. Menurut saya, sukses secara profesional ketika saya mencapai pekerjaan saya dan saya tidak mau menukarnya dengan apapun. Sedikit sekali orang yang benar-benar mencintai pekerjaannya dan saya ingin menjadi yang sedikit itu.
  3. Sukses untuk saya ketika saya mencapai semua mimpi saya di masa kecil. Sejak kecil saya sudah ingin menjadi dokter. Kini saya melamar utnuk Rumah Sakit ini, salah satu Rumah Sakit terbaik di negara ini. Bisa dibilang bahwa saya sedang menuju tangga kesuksesan.
  • Mengapa anda mencari pekerjaan baru?
Cara terbaik menjawab pertanyaan ini adalah dengan menekankan pada kebutuhan anda untuk berkembang secara profesional. Ingat, jangan menjelek-jelekkan perusahaan lama. Berikut ini contoh jawaban yang tepat untuk pertayaan tersebut.
  1. Perusahaan sebelumnya merupakan perusahaan berskala kecil, sehingga saya kurang bisa mengembangkan diri secara profesional
  2. Perusahaan sbelumnya tidak mengjinkan saya berkembang melampaui posisi saya
  3. Perusahaan sbelumnya dan saya idak setuju dalam banyak isu moral atau etika, dan saya akhirnya memutuskan ini saatnya berpisah
  • Mengapa anda menganggur begitu lama?
Jawab dengan percaya idri bahwa selama tidak terkait dengan perusahaan mana pun, anda tetap produktif. Misalnya menjadi sukarelawan, bekerja lepas, atau mengambil kelas untuk meningkatkan kemampuan diri.
  • Berapa lama kira-kira anda akan bekerja di sini jika diterima?
Jangan memberikan waktu yang spesifik karena anda tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi dimasa depan. Jawablah seperti, "selama kedua belah pihak sama-sama merasa puas".
  • Apa yang lebih penting: uang atau pekerjaan?
Katakan bahwa keduanya penting. Jelaskan bahwa anda juga mencari kepuasan dalam bekerja selain gaji yang sesuai.
  • Kualitas apa yang anda cari dari seorang atasan?
Jangan pernah mengatakan hal-hal yang khusus. Katakan saja beberapa karakter yang baik dan umum seperti kompeten, adil, dan penuh dukungan.
  • Apa pendapat anda tentang perusahaan yang sebelumnya?
Katakan bahwa perusahaan tersebut merupakan dasar yang baik untuk perkembangan diri anda dan yang membentuk anda seperti sekarang. Hindari mengatakan hal-hal negatif, meski pertanyaannya selalu spesifik. Jangan terlalu banyak memberikan detail pekerjaan jika itu rahasia atau penting.

Thanks for reading Pertanyaan Yang Sering Diajukan Saat Interview Kerja Dan Cara Menjawabnya | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 komentar on Pertanyaan Yang Sering Diajukan Saat Interview Kerja Dan Cara Menjawabnya

Post a Comment